Senin, 28 Januari 2013

Tumbuhan Hijau


Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau
Tumbuhan mampu membuat makanan sendiri. Namun hanya tumbuhan berhijau daun (klorofil) yang dapat membuat makanannya sendiri. 

Prosesnya pengolahan makanan pada tumbuhan :

cahaya matahari
Air + Karbondioksida (CO2) Karbohidrat + Oksigen (O2)
klorofil

Air tanah mengandung zat hara yang diserap oleh akar (khususnya rambut akar). Rambut akar mempunyai bentuk yang halus sehingga mudah menyusup ke dalam tanah. Air yang diserap oleh rambut akar masuk ke batang melalui pembuluh kayu kemudian disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan.
Karbondioksida dari udara masuk melalui stomata dan lentisel. Stomata adalah pori-pori yang terdapat di permukaan daun. Lentisel adalah pori-pori yang terdapat di batang.
Peran Cahaya Matahari Dalam Proses Pembuatan Makanan.

Air dan karbondioksida dapat diolah menjadi makanan (karbohidrat). Untuk membuat makanan, tumbuhan memerlukan cahaya matahari sebagai sumber energi. Energi cahaya matahari yang mengenai daun diserap klorofil. Energi tersebut dipakai klorofil untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Proses tersebut dinamakan FOTOSINTESIS (ASIMILASI).
Dengan demikian fotosintesis terjadi pada siang hari karena memerlukan cahaya matahari. Hasil fotosintesis yang berupa karbohidrat (zat tepung), kemudian diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan dengan pembuluh tapis atau pembuluh ayak dan digunakan untuk : tumbuh, bernafas, berkembang biak dan sebagian untuk disimpan sebagai cadangan makanan.
Tempat menyimpan cadangan makanan :
1. di dalam akar,    contoh: ubi kayu, ubi jalar, talas (keladi), wortel, lobak, bengkuang.
2. di dalam batang,  contoh: tebu, sagu, kentang
3. di dalam buah,    contoh: alpokat, mangga, jeruk, nanas, pisang, pepaya, durian, anggur, dll. Seperti mangga termasuk tumbuhan berbiji belah, bijinya berwarna putih yang dibalut oleh kulit tipis disebut kulit ari. Bila kita belah maka tampaklah keping dua buah. Di tengah-tengah keping tersebut ada benda kecil yang melekat disebut lembaga. Fungsi biji tersebut adalah sebagai cadangan makanan.
4. di dalam biji,    contoh: padi, kacang-kacangan.

Sumber : http://pelajaran-jitu.blogspot.com/2011/06/tumbuhan-hijau.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dunia Tumbuhan Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting

Free Flower Color Change2 Cursors at www.totallyfreecursors.com