Senin, 11 Februari 2013

Tanaman Paling Unik Asli Indonesia


1.Sarang semut

Sarang semut merupakan tumbuhan dengan simbiosis yang unik. Sarang semut merupakan tumbuhan epifit yang hidup menumpang di tanaman lain (seperti hanya bunga anggrek). Namun selain bersimbiosis dengan tumbuhan inang yang ditempelinya, sarang semut juga bersimbiosis dengan hewan semut.
2.Ara pencekik
Ara pencekik, beringin pencekik, atau kiara koneng (Ficus annulata) menjadi unik karena tumbuhan yang semula empifit (menumpang) pada pohon lain ini, seiring pertumbuhannya, kemudian membunuh pohon yang ditumpanginya. Ara pencekik merupakan tumbuhan parasit, sejak tertempel di pohon lain ia akan menyerap nutrisi dari pohon inangnya.

3.Kantong Semar

Kantong Semar dengan nama latin nepthenes sp merupakan tumbuhan unik pertama dari indonesia. TAnaman ini unik karena mengambil nutrisi untuk makanan sehari hari dari binatang (karnivora). Tumbuhan ini memiliki organ berbentuk kantong yang bagian bibirnya beraroma manis sehingga menarik serangga. Binatang yang terpikat akan tergelincir masuk ke dalam kantung antara yang licin. Cairan asam (enzim proteolase) yang berada dalam kantung tengah lalu mencerna tubuh mangsa itu.

4.Daun sang

Daun Sang menjadi tumbuhan unik selanjutnya. Keunikan pohon daun Sang bisa dilihat dari ukuran daunnya yang sangat besar dengan panjang mencapai 6 meter dan lebar 1 meter. Yang unik lagi dari pohon dengan nama latin Johannesteijsmannia altifrons dan merupakan anggota palem (arecaceae) ini adalah daunnya yang tampak langsung menyembul dari dalam tanah. Ini karena batang Daun Sang pendek dan biasanya tersembunyi di tanah.

Sumber : http://carakata.blogspot.com/2012/05/tanaman-paling-unik-asli-indonesia.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dunia Tumbuhan Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting

Free Flower Color Change2 Cursors at www.totallyfreecursors.com